Pecel Bledek: Pecel Pincuk yang Pedas Menggigit


Salah satu kuliner khas Nganjuk ini sudah lama dikenal karena kepedasannya. Saya sendiri termasuk langganan yang paling suka dengan kuliner di tempat ini. Hampir setiap hari tempat makan di sini  ramai pengunjung. Jadi jangan heran kalau datang sedikit terlambat, tidak kebagian tempat duduk.



Rasa Pedas Menggigit

Sebelum bicara soal rasa, saya ingin mendeskripsikan apa saja yang ada di dalam pincuk daun pisang. Sayur rebusnya terdiri atas berbagai macam. Ada daun pepaya yang pahit, ontong (jantung pisang), daun kenikir, daun turi, trancam (biji lamtoro dan ketimun cacah), juga kecambah. Kemudian sayur yang ditumpuk di atas nasi panas akan disiram dengan bumbu kacang yang pedas. Bumbu kacang inilah yang dikenal dengan pecel bledek.


Nasi pecel bledek di timur Gedung Juang Nganjuk



Kalian sebagai pembeli juga bisa memilih sayur yang mau ditambahkan. Apakah mau daun singkong saja atau daun kenikir saja. Terserah.

Nasi pecel bledek di Desa Sekar Putih, Nganjuk

Nah, soal rasa, saya paling suka memesan hanya dengan sambal pecel saja. Tanpa bumbu tumpang. Saya sebagai penggemar makanan pedas sangat menyukai kuliner di tempat ini. Rasa sambal pecelnya itu pedas menggigit. Kadang saya tak segan untuk meminta sambal pecel lebih banyak. Padahal para pembeli di kiri-kanan saya sudah keringetan tidak karuan.

Dua Lokasi dengan Rasa yang Sama

Ada yang istimewa dari kuliner pecel bledek ini. Lokasinya ada dua tempat. Yang pertama ada di pusat kota, di timur Gedung Juang. Yang kedua ada di Desa Sekar Putih (Sepu). Konon dua penjual tersebut masih bersaudara. Hanya saja untuk di lokasi Sepu hanya berjualan di pagi hari saja. Sedang di timur Gedung Juang berjualan dari pagi sampai siang, dan sore sampai malam. 
Dari dua lokasi tersebut.
Ibu Penjual Pecel Bledek di Desa Sekar Putih

Dari dua lokasi tersebut, saya lebih suka yang ada  di Desa Sepu. Karena rasanya lebih pas, porsi lebih banyak, bisa nambah peyek, dan ibuknya grapyak (supel) sekali. 


Harga: Nasi Pecel 5K, Es teh 3K, Lauk 1K
Lokasi:Jl. Gubernur Suryo 3, Kauman (Timur Gedung Juang)
- Kelurahan Sekar Putih, Bagor (Kuburan barat jembatan, ke selatan)
Jam buka: 05.30-10.00 WIB, 17.00-22.00 WIB (Gedung Juang)
Jam buka: 05.30-10.00 WIB (Sekar Putih)
Rating: Rasa (5/5), Kebersihan (4/5). Pelayanan (3/5) untuk di timur Gedung Juang
Rasa (5/5). Kebersihan (4/5), Pelayanan (5/5) untuk di Desa Sepu.




Komentar